Doa Sebelum Belajar di Sekolah dan Mengaji Beserta Artinya

Doa Sebelum Belajar di Sekolah dan Mengaji Beserta Artinya - pada kesempatan ini admin akan membagikan doa pendek sebelum belajar disekolahan ataupun dirumah arab dan latin lengkap beserta artinya agar teman-teman semua lebih mudah dalam mempelajarinya. jadi yang biasanya tidak berdoa dulu saat mau belajar, mulai dari sekarang harus dibiasakan untuk membaca doa belajar terlebih dulu agar allah swt mempermudah kita dalam menyerap ilmu yang kita pelajari.

Doa Sebelum Belajar di Sekolah dan Mengaji Beserta Artinya

Orang yang pintar, cerdas dan wawasannya luas awalnya adalah orang yang biasa saja seperti kita pada umumnya. mereka bisa menjadi orang yang luar biasa karena mau belajar dengan giat, keras dan pantang bosan apalagi menyerah. teman-teman semua bisa menjadi orang yang hebat dan berguna apa bila mau belajar dengan rajin. tentu saja sebelum belajar haruslah diawali dengan doa, maka dari itu disetiap sekolahan sebelum masuk dalam meteri pelajaran diwajibkan untuk membaca doa sebelum belajar terlebih dulu.

Baca Juga : Doa Sebelum Berangkat Kerja Supaya di Berikan Kelancaran

Sebenarnya ada banyak sekali doa sebelum belajar yang bisa diamalkan, dan memiliki makna dan arti yang bertujuan sama, yaitu agar mempermudah kita dalam menuntut ilmu dan menangkap dengan baik pelajaran yang kita pelajari. nah, dibawah ini admin sudah menyiapkan beberapa doa sebelum belajar yang bisa teman-teman amalkan.

Belajar ataupun menuntu ilmu itu wajib, dari ilmu pengetahuan tentang agama hingga ilmu sosial. menuntu ilmu itu wajib hukumnya, telah dijelaskan dalam hadist yang diriwayatkan oleh (HR. Ibnu Abdil Barr).

طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيْضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ وَمُسْلِمَةٍ

artinya : mencari ilmu itu wajib bagi setiap muslim laki-laki maupun perempuan. (HR. Ibnu Abdil Barr).

Doa Sebelum Belajar di Sekolah


1. رَضِتُ بِااللهِ رَبَا وَبِالْاِسْلاَمِ دِيْنَا وَبِمُحَمَّدٍ نَبِيَا وَرَسُوْلاَ رَبِّ زِدْ نِيْ عِلْمًـاوَرْزُقْنِـيْ فَهْمًـا

Rodlittu billahirobba, wabi islamidina, wabimuhammadin nabiyyaw warasulla ,robbi zidnii ilmaa warzuqnii fahmaa.

Artinya : Kami ridho Allah Swt sebagai Tuhanku, Islam sebagai agamaku, dan Nabi Muhammad sebagai Nabi dan Rasul, Ya Allah, tambahkanlah kepadaku ilmu dan berikanlah aku pengertian yang baik.

2. رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا وَارْزُقْنِيْ فَهْمًا وَاجْعَلْنِيْ مِنَ الصَّالِحِيْنَ

Robbi zidnii 'ilman warzuqnii fahmaa, waj'alnii minash-shoolihiin

Artinya : Ya Allah, tambahkanlah aku ilmu dan berikanlah aku rizqi akan kepahaman,Dan jadikanlah aku termasuk golongan orang-orang yang sholeh.

Doa Sebelum Belajar Mengaji

Mengaji adalah menimba atau belajar ilmu agama yang berhubungan dengan sikap, perilaku perbuatan untuk bekal nanti di akhirat. nah, sebelum mengaji dianjurkan juga untuk membaca doa sebelum belajar ngaji, dan berikut adalah doanya.

اَللَّهُمَّ اخْرِجْنَا مِنْ ظُلُمَاتِ الْوَهْمِ وَاَكْرِمْنَا بِنُوْرِالْفَهْمِ وَافْتَحْ عَلَيْنَا بِمَعْرِفَتِكَوَسَهِّلْ لَنَآ اَبْوَابَ فَضْلِكَ يَآ اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Alloohumma akhrijnaa min dzulumaatilwahmi wa akrimnaa binuuril fahmi waftah'alainaa bima'rifatika wasahhil lanaa abwaaba fadl-lika ya arhamar roohimiin.

Artinya : Ya Allah, keluarkanlah kami dari kegelapan prasangka muliakanlah kami dengan cahaya kepahaman, bukakanlah pengertian ilmu pada kami dan bukakanlah untuk kami pintu-pintu anugerah-Mu, wahai Dzat yang paling penyayang.

Baiklah, demikian adalah bacaan doa sebelum belajar yang dapat admin sampaikan, semoga bermanfaat untuk teman-teman semua yang masih merupakan pelajar. jangan lupa untuk share artikel ini, agar bermanfaat bagi teman-teman kita yang lainya.

Postingan terkait: